Telaga Warna Dieng, Pesona Alam dengan Mitos yang Kental - Drobelo

Telaga Warna Dieng, Pesona Alam dengan Mitos yang Kental

Telaga Warna Dieng, Pesona Alam dengan Mitos yang Kental – Dieng merupakan salah satu destinasi wisata populer. Berlokasi di provinsi Jawa Tengah, Dieng menawarkan keindahan alam yang tidak perlu diragukan. Berada di ketinggian kurang lebih 2.000 meter di atas permukaan laut membuat pengunjung bisa merasakan hawa sejuk selain panorama indah yang nyata dan memesona.

Mengunjungi Dieng saat liburan menjadi pilihan yang tepat. Ada banyak ide aktivitas yang bisa dilakukan di sana, termasuk banyak pula tempat bagus yang wajib dikunjungi. Telaga Warna adalah salah satunya. Banyak hal menarik yang ada di telaga tersebut. Anda bisa menikmati semua keindahannya seperti berikut ini.

Warna Air Bisa Berubah

Umumnya telaga diberi nama sesuai lokasinya atau berdasarkan sejarah terbentuknya. Lain halnya dengan Telaga Warna yang diberi nama sesuai dengan keunikannya. Telaga ini sangat menarik karena warna airnya bisa berubah-ubah setiap saat. Hal tersebut disebabkan adanya kandungan sulfur di dalam air. Kandungan sulfur bisa bereaksi terhadap cahaya matahari hingga bisa muncul warna hijau, kuning hingga menyerupai pelangi.

Apa yang Anda Kenali Dari Telaga Warna Dieng?

Mitos dan Sejarah yang Dipercaya

Telaga Warna Dieng dengan segala keunikannya tidak terlepas dari sejarah terbentuknya. Konon, warna-warni air telaga tersebut berawal dari sebuah perhiasan milik bangsawan yang jatuh. Mitos lain mengatakan bahwa di telaga tersebut hidup 2 ikan purba berwarna hitam dan kuning. Masyarakat setempat percaya bahwa siapapun yang berhasil melihat ikan tersebut akan terpenuhi keinginannya.

Waktu Terbaik untuk Datang

Sebenarnya Anda bisa datang ke Telaga Warna kapan saja selama tempat wisata ini buka. Namun ada waktu-waktu tertentu yang disarankan sebagai waktu terbaik untuk berkunjung. Untuk bisa melihat warna-warni airnya, disarankan datang saat siang ketika matahari terik. Di saat sore, telaga akan tertutup kabut sehingga keindahannya tidak tampak. Sedangkan jika tidak terlalu kuat dengan suhu dingin, sebaiknya datang saat musim kemarau.

Anda dikenakan biaya masuk untuk bisa menikmati semua keindahan di Telaga Warna Dieng. Perjalanannya memang cukup jauh dari pusat kota Wonosobo. Namun lelah dalam perjalanan akan tergantikan dengan panorama alam yang bisa membuat Anda berdecak kagum.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment
    en_USEnglish