Pura Taman Ayun, Tempat Wisata Bersejarah di Bali - Drobelo

Pura Taman Ayun, Tempat Wisata Bersejarah di Bali

Pura Taman Ayun, Tempat Wisata Bersejarah di Bali – Pura Taman Ayun adalah pura keluarga kerajaan Mengwi yang megah. Pura ini salah satu pura yang paling banyak dikunjungi di Bali oleh turis domestik maupun asing. Lokasinya di Desa Mengwi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung dan jaraknya sekitar 18 km di sebelah utara kota Denpasar. Lokasinya pun strategis di samping jalan raya utama antara Denpasar ke Singaraja.

Sejarah Pura Taman Ayun

Berdasarkan Papirus Babad Mengwi (Lontar Babad Mengwi), pura yang sekarang disebut Pura Taman Ayun ini baru disucikan pada tahun 1634 M dan dinamai Pura Taman Ahyun. Artinya pura yang didirikan di dalam taman (kolam dengan taman yang indah) yang dapat memenuhi keinginan. Kemudian, kata Ahyun perlahan berubah menjadi kata Ayun.

Pura Taman Ayun adalah salah satu Pura Hindu di Bali yang juga menjadi tempat wisata bersejarah di bali, tempat favorit untuk dikunjungi para wisatawan. Banyak wisatawan dari dalam dan luar negeri yang mengunjungi situs ini.

Kompleks dan Keistimewaan Taman Ayun

Kompleks Pura Taman Ayun terdiri dari empat divisi berbeda, satu peringkat lebih tinggi dari yang lain. Yang pertama disebut sebagai ‘Jaba’ atau divisi luar, hanya dapat diakses melalui satu pintu masuk dan jalan setapak di atas kolam.

Tempat wisata bersejarah ini di dalam, dekat pintu masuk adalah kuil penjaga kecil dan di sebelah kanan adalah aula ‘wantilan’ besar tempat pertemuan komunal berlangsung. Air mancur yang tinggi dengan semburan yang menjorok ke atas ke arah mata angin bisa dilihat di area ini. Ke pelataran berikutnya, terlihat sebuah kompleks pura kecil bernama Pura Luhuring Purnama. Teras kedua dan ketiga sedikit lebih tinggi dari yang pertama.

Harga Tiket Masuk Pura Taman Ayun

Kunjungan ke Pura Taman Ayun dikenakan tiket masuk sebesar Rp 10.000 bagi pengunjung lokal dan Rp 20.000 untuk pengunjung luar negeri. Pengunjung harus mengenakan sarung dan selempang, serta pakaian pantas yang biasa digunakan untuk mengunjungi pura. Dan salah satu hal penting yang harus sangat Anda perhatikan adalah dilarang masuknya wanita yang sedang menstruasi.

Untuk menikmati keindahan serta menyaksikan langsung bukti sejarah kerajaan Mengwi yang begitu megah, Anda dapat mengunjungi tempat wisata bersejarah di Bali ini yang berlokasi di Jl. Ayodya. Nomor 10, Desa Mengwi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali,

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment
    en_USEnglish