7 Tempat Seru di Taman Mini Indonesia Indah

Keong Mas, Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sedang ramai dibicarakan setelah Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) mengambil alih pengelolaan dari Yayasan Harapan Kita, yang notabene milik Keluarga Cendana.
Yayasan tersebut merupakan organisasi yang didirikan oleh mendiang istri Presiden Soeharto, Tien Soeharto, dan sudah mengelola TMII sejak 1977.

Sekretaris Kemensetneg, Setya Utama menjelaskan bahwa selama ini Yayasan Harapan Kita tidak pernah menyetorkan pendapatan TMII ke negara. Hal ini menjadi salah satu alasan pemerintah mengambil alih pengelolaan TMII

Menteri Sekretaris Negara, Pratikno sebelumnya menyatakan bahwa Yayasan Harapan Kita harus menyerahkan kembali hak pengelolaan TMII kepada negara. Pemerintah memberi waktu masa transisi selama kurang lebih tiga bulan untuk menyerahkan berbagai laporan terkait pengelolaan TMII selama ini.

TMII selama ini dikenal sebagai destinasi wisata bagi anak sekolah. Beberapa tahun belakangan ini, TMII juga ramai dijadikan tempat resepsi pernikahan karena keberadaan masjid, hotel dan gedung pertemuan; Masjid At Tin, Hotel Santika, Hotel Desa Wisata, dan Sasono & Puri.

Selain 33 anjungan provinsi Indonesia, berikut wahana lain yang tak kalah menarik di TMII:

1. Museum

Museum di TMII

Museum-museum yang bisa dikunjungi di TMII ialah; Museum Indonesia, Museum Keprajuritan, Museum Prangko Indonesia, Museum Pusaka, Museum Transportasi, Museum Listrik dan Energi Baru, Museum Telekomunikasi, Museum Olahraga Nasional, Museum Asmat, Museum Timor-Timur, Museum Minyak dan Gas Bumi (GAWITRA), Museum Fauna Indonesia Komodo dan Taman Reptilia sampai Museum Penerangan.

Salah satu museum yang wajib dikunjungi di TMII ialah Pusat Peragaan IPTEK, di mana pengunjung bisa mencoba langsung alat peragaan soal ilmu pengetahuan dan teknologi di sana.

Ada juga Skyworld, tempat pengunjung bisa belajar mengenai antariksa melalui ruang pameran sampai planetariumnya.

Selama berkeliling pengunjung bakal ditemani oleh pemandu, jadi jangan khawatir tersesat.

Sebelum pulang jangan lupa berfoto di salah satu sudut yang sudah disediakan.

2. Bayt Al Quran dan Museum Istiqlal

Bayt Al Quran dan museum Istiqlal merupakan kesatuan dari dua lembaga yang berbeda.

Bayt Al Quran yang berarti ‘rumah Al Quran’ memiliki ruang pameran soal seni Islam dari dalam dan luar negeri.

Sementara Museum Istiqlal menampilkan kebudayaan Islam dari penjuru Indonesia.

3. Istana Anak-anak Indonesia

Istana Anak-Anak, TMII

Kalau melihat kastil menjulang ala Disneyland di TMII, maka itulah Istana Anak-anak Indonesia.

Istana ini dapat menjadi tempat belajar dan bermain bagi anak-anak. Bangunan utama istana dinamai Graha Widya Tama, terdiri atas empat lantai dengan ruang terbuka di lantai dua.

Bangunan ini memiliki dua sayap dan menara menjulang tinggi ke angkasa, lambang kebersamaan anak laki-laki dan anak perempuan dalam menggapai prestasi setinggi langit.

Di dalam dan di luar istana ada banyak wahana permainan yang pastinya disukai anak-anak.

4. SnowBay Water Park

Tempat seru
Snow Bay Water Park, TMII

Kolam renang dengan beragam wahana permainan menjadi suguhan utama di sini.
Di tengah masa pandemi virus Corona, nampaknya wisata air ini masih ditutup demi mengurangi dampak penyebaran virus.

Informasi lebih lanjut mengenai jadwal buka dan aturan masuknya silakan kunjungi situs resminya atau media sosialnya.

5. Theater IMAX Keong Emas dan Teater 4 Dimensi

Teater Keong Mas, TMII

Theater IMAX Keong Emas adalah gedung teater berbentuk keong mas raksasa tempat pemutaran dan pertunjukan film khusus berteknologi canggih.

Ada banyak film menarik yang ditayangkan di sini. Sensasi menontonnya juga sangat mengesankan, karena layarnya yang besar dan teknologi IMAX-nya yang canggih.

Di tamannya juga ada beragam wahana permainan yang bisa dinikmati.

Berkonsep mirip IMAX, Teater 4 Dimensi menyuguhkan pemutaran film dengan layar empat dimensi, sehingga penonton seakan berada dekat dengan objek yang ditontonnya.

6. Satwa

Satwa Komodo di TMII

TMII tak hanya berisi museum, karena ada juga Dunia Air Tawar dan Dunia Serangga, Dunia Air Tawar dan Dunia Serangga dan Taman Burung dan Taman Bekisar.

Taman Reptilia berada satu tempat dengan Museum Fauna Indonesia Komodo, jadi datang ke satu lokasi bisa mengunjungi dua tempat sekaligus.

7. Kereta Gantung

Kereta Gantung, TMII

Lelah berjalan kaki mengitari TMII? Jangan khawatir karena beragam wahana kereta yang bisa ditumpangi, mulai dari Kereta Layang, Kereta Gantung, sampai Kereta Api Mini.

Kereta Layang dan Kereta Gantung mungkin yang paling digemari pengunjung, karena pengunjung bisa menikmati pemandangan TMII dari ketinggian.

Artikel ini dikutip dari : CNN Indonesia

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment